Inilah 3 klub Liga 1 yang berpotensi masuk kancah Liga Asia 2018

0

Darfaz.com – Setiap klub Indonesia pastinya mempunyai hasrat tinggi untuk tampil di kompetisi internasional seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup, namun untuk tampil di ajang Asia tersebut tidaklah mudah butuh usaha dan kerja keras untuk meraihnya tidak hanya materil tapi juga mental.

Sebelumnya, di Indonesia sendiri sudah banyak klub yang pernah mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut diantaranya :

  1. Persib Bandung
  2. Arema FC,Persipura
  3. Jayapura
  4. Persija Jakarta
  5. Semen Padang FC
  6. PSMS Medan dan lainnya.

Seperti yang kita tahui bersama pada tahun 2017 ini tidak ada wakil Indonesia yang berkiprah di kompetisi asia yang diakibatkan konflik sepakbola Indonesia di tahun sebelumnya yang membuat Indonesia kehilangan jatah berkompetisi di tahun ini. T

Tapi pada tahun 2018 Indonesia mendapat tiga jatah dari Konfederasi AFC yaitu satu untuk jatah playoff Liga Champions Asia dan dua jatah otomatis AFC Cup yang terpaku pada kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia yaitu Liga 1 musim ini.

Namun hal tidak enak menghampiri Indonesia bulan lalu pada bulan oktober ketika AFC dan PSSI mengumumkan klub yang lolos verifikasi lisensi AFC yaitu hanya lima klub saja yaitu

  1. Arema FC
  2. Persib Bandung
  3. Persija Jakarta
  4. Bali United FC
  5. Madura United FC

Hal tersebut sangat miris karena dari 18 klub kasta tertinggi hanya lima yang mendapat lisensi AFC yang jauh berbeda dengan Thailand yang seluruh klub kasta tertingginya mendapat lisensi AFC dan sebagian dari kasta kedua juga banyak yang sudah mendapat lisensi tersebut.

Hal yang menyedihkan lagi ketika melihat papan atas Liga 1 saat ini banyak klub yang tak lolos verifikasi seperti PSM Makassar,Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC. Sangat disayangkan di penghujung kompetisi yang dimana mereka mengincar kompetisi asia tahun depan harus pupus sia-sia.

Kembali ke topik diatas, disini saya akan mengulas tiga klub yang berpeluang berkompetisi di Asia 2018.

pertama seperti diketahui Bali United adalah klub yang berpeluang besar berlaga di kancah asia tahun depan mengingat mereka satu-satunya klub di lima besar yang mengantongi lisensi AFC, serdadu tridatu berpeluang tampil di Liga Champions Asia walau gagal meraih juara pasalnya posisi mereka diatas dari klub-klub yang mengantongi lisensi AFC.

Kedua adalah Persija Jakarta, tim ibukota memang sementara ini berada di lima besar klasemen sementara dan berpeluang besar tampil di kompetisi asia tahun depan karena Macan Kemayoran juga sudah mendapatkan lisensi AFC apalagi mereka menjadi tim kedua di lima besar yang sudah memperoleh lisensi induk sepakbola yang bermarkas di Malaysia tersebut.

Ketiga datang dari klub kebanggan warga Madura yaitu Madura United yang juga sudah memperoleh lisensi AFC dan posisi dalam klasemen sementara Madura terbaik dibawah Persija Jakarta. Madura United pun berpeluang mendapat jatah ketiga dan bermain di AFC Cup 2018. Sebenarnya dibawah Madura ada Arema FC dan Persib Bandung yang juga mendapat lisensi AFC namun peringkat mereka dibawah Bali United,Persija Jakarta Dan Madura United.

Semoga saja harapan dari semua rakyat Indonesia dapat terwujud, dimana kita dapat menyaksikan dan mendukung klub liga Indonesia terutama klub kebanggan kita dapat berkiprah di kancah Asia dan dapat mengharumkan nama baik Garuda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here