Kesehatan

Ternyata Kotoran Telinga Dapat Mendeteksi Kesehatan Tubuh Lohh Berikut 8 Kotoran Telinga Yang tidak Boleh Diabaikan

Darfaz.com – Cara Mendeteksi Kesehatan Tubuh Kita Melalui Kotoran Telinga. Menjaga kesehatan tubuh memang harus selalu menjadi prioritas utama. Baik itu mata, hidung, telinga maupun organ lain harus kita jaga kehegienitasnya. Dengan membersihkan seluruh anggota badan kita secara rutin, kita bakalan tau apakah ada masalah pada tubuh kita dengan mendeteksi kotoran yang keluar pada organ tersebut.

Salah satunya telinga, namun tidak semua orang tahu bahwa kotoran telinga atau Earwax dapat berfungsi sebagai pelindung dan juga dapat mendeteksi kondisi kesehatan dari warna Earwax tersebut. Dengan bantuan Cotton Bud kita dapat jelas melihat warna kotoran telinga kita tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan arti dari 8 warna Earnex bagi kesehatan kita.

1. Earwax Berwarna Abu – Abu

Source : brightside.me

Kalau Earwax kamu berwarna abu, kamu tidak perlu khawatir mungkin itu hanya debu polusi yang masuk ke telinga kamu. Kamu hanya perlu membersihkannya saja, agar tidak terlalu mengotori telinga kamu.

2. Earwax Bernoda Darah

Source : brightside.me

Jika Earwax kamu terlihat noda darah pada Cotton Bud, kamu harus waspada! Ini bisa jadi menunjukkan bahwa gendang telinga kamu berlubang atau bermasalah. Hal ini bisa disebabkan karena telinga kamu terkena infeksi, yang dapat memperburuk pendengaranmu. Agar tidak terjadi yang lebih memburuk, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter yang bersangkutan.

3. Earwax Berwarna Cokelat

Source : brightside.me

Jika warna Earwax kamu berwarna gelap atau kecoklatan, itu kemungkinan kamu sedang mengalami depresi atau setress yang berlebihan. Kamu tidak perlu khawatir, ini tidak ada masalah spesifik pada pendengaranmu, namun yang perlu kamu lakukan hanya beristirahat dan berileksasi hingga tubuhmu kembali normal.

4. Earwax Berwarna Hitam

Source : brightside.me

Kalau Earwax kamu terlihat berwarna hitam, kamu harus segera waspadai. Karena ini bisa jadi telingamu terkena otomycosis atau infeksi jamur pada telingamu. Jika ini terjadi hanya sekali kamu perlu khawatir, namun bila hal ini berkelanjutan dan ditambah rasa gatal kamu harus segera kunjungi dokter bersangkutan, agar hal fatal tidak terjadi padamu.

5. Earwax Berwarna Putih

Source : brightside.me

Bila kotoran telingamu berwarna putih, ini kemunkinan tubuhmu kekurangan vitamin, terutama zat besi dan tembaga. Untuk mencegah hal ini terjadi pada tubuhmu, coba biasakan mengkonsusmi oatmeal dan kacang – kacangan dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi vitamin juga.

6. Earwax dengan Berbau Menyengat

Source : brightside.me

Bila ada aroma tak sedap dari kotoran telingamu, itu bisa menandakan kalau telingamu terkena infeksi. Selain bau, kamu juga akan mendengarkan suara – suara dari telinga kamu. Bila hal ini terjadi pada kamu segeraralah hubungi dokter, khususnya dokter THT.

7. Earwax Cair

Source : brightside.me

Sebelumnya kita telah membahas warna dan aroma, nah sekarang kita membahas mengenai wujudnya. Pasti kamu tidak herankan kalau kotoran telingamu berwujud cair? Namun bila Earwax kamu mendadak menjadi lebih cair, sebaiknya kamu segera waspada. Mengapa? Karena hal ini kemungkinan awal dari proses peradangan pada telingmu. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu segera hubungi dokter spesialis bersangkutan.

8. Earwax Kering

Source : brightside.me

Kalau kotoran telingamu berwujud kering, ini bertanda kalau tubuhmu kekurangan lemak sehat, atau bisa jadi kamu terkena penyakit kulit seperti dermatitis, yang menyebabkan kulitmu menjadi kering.

Nah bagaimana sekarang kamu sudah tahu kan, Cara mendeteksi kesehatan tubuhmu melalui kotoran telinga (Earwax)? Dari sekarang, rutinlah membersihkan telingamu agar kamu tidak mengalami masalah pada pendengaran khususnya kesehatan tubuhmu. Oke? Silahkan sebarkan artikel ini supaya kawan – kawan kamu mengetahuinya!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

To Top