1 Bitcoin Sudah Tembus 100 Juta, Yakin Masih Mau Menonton Saja?

0

Seiring berkembangnya jaman, perkembangan dunia digital pun kini semakin pesat. Baik di bidang makanan, transportasi, komunikasi, sampai alat transaksi. Di bidang transaksi, kini semakin banyak bermunculan inovasi untuk lebih mempermudah lagi dalam melakukan sebuah transaksi. Salah satunya ialah dengan menggunakan Bitcoin.

Bitcoin merupakan suatu alat transaksi digital dimana seseorang memungkinkan untuk dapat bertransaksi dengan mudah dana aman. Bitcoin sendiri diciptakan oleh seseorang yang mengatasnamakan Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Namun sampai saat ini, Satoshi Nakamoto sendiri tidak diketahui identitas aslinya.

Namun seiringnya banyak pengguna yang menggunakan Bitcoin ini, kini harga harga Bitcoin pun semakin melesat tajam. Dari awal munculnya Bitcoin yang sangat tidak memliki nilai jual, namun setelah kurang lebih 8 tahun berkembang kini harga Bitcoin telah menembus diangka 100 juta.

Sungguh kemajuan yang pesat bukan?

Saat artikel ini ditulis, harga 1 Bitcoin sudah mencapai $7481 atau jika dikonversi dengan kurs rupiah terhadap dollar saat ini berkisar Rp100.993.500,00 ($1 = Rp.13.500,00).

Karena Bitcoin tidak memiliki sektor pusat pengendalinya maka setiap saat harga Bitcoin selalu berubah-ubah. Itu tergantung dari seberapa banyak user yang mengunakan Bitcoin ini. Jika permintaan meningkat, maka kemungkinan besar harga Bitcoin pun akan meningkat.

Bitcoin

Dan banyak situs Bitconners yang memprediksi pada awal tahun 2018 nanti harga Bitcoin bakal menembus diangka 120-130 juta/Bitcoinnya. Namun itu hanya masih sebuah prediksi yang belum tentu kebenarannya.

Di Indonesia sendiri, Bitcoin cukup populer. Bahkan beberapa orang menjadikan aktivitas menambang Bitcoin sebagai pekerjaan utamanya. Namun, karena semakin melesat nilai jual Bitcoin penambangan bitcoin pun kini semakin susah. Sehingga kini lebih banyak para Bitconners yang lebih melakukan investasi alias trading forex di situs-situs yang pasti terpercaya.

Sebetulnya banyak mata uang digital yang bermuculan tiap tahunnya. Selain Bitcoin, banyak nama-nama uang digital lain seperti Ethereum, Litecoin, DASH, Bitconnect dan lain-lain. Tapi, diantara ICO tersebut tetap Bitcoin lah yang paling populer hingga saat ini.

Walaupun begitu, Bitcoin tetap memiliki sejumlah kelemahan. Diantaranya ialah uang digital ini biasanya disimpan dalam suatu tempat yang disebut wallet. Akses ke wallet menggunakan sejumlah kode unik. Jika kode ini hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, bersiaplah untuk kehilangan Bitcoin anda untuk selamanya. Dan juga, masalah yang mungkin adalah serangan hacker. Hacker berkemungkinan untuk mencuri Bitcoin anda.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, Bitcoin memperlihatkan pertumbuhan yang sangat luar biasa dalam dunia ekonomi khususnya di bidang mata uang digital saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here