Tutorial Instalasi Windows 7 di Virtualbox

0

Tutorial Instalasi Windows 7 di Virtualbox – Halo Sobat Darfaz! Virtual box adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk menggunakan 2 OS secara bersamaan,  dimana cara pengaplikasiannya sangatlah mudah. Kali ini, mimin akan memberikan tutorial mengenai instalasi windows 7 melalui virtual box dan agar mudah dipraktekkan, tutorial kali ini disertai dengan gambar di setiap langkah langkahnya.

 

Tutorial Instalasi Windows 7 di Virtualbox

 

Bahan yang perlu disiapkan:

1. Sebuah Laptop/PC
2. Aplikasi Oracle VM Virtual Box
3. ISO Windows  7

Langkah-langkah:

 
1. Silahkan anda buka aplikasi Virtualbox di desktop anda.

2. Jika sudah, silahkan anda buat mesin virtual dengan cara klik tombol baru diujung kiri atas.
3. Silahkan anda isi nama, tipe, dan versi sesuai dengan windows yang akan anda install. Dilanjutkan dengan pengaturan jumlah RAM sesuai spek Laptop/PC anda. Kemudian anda pilih buat hard disk virtual sekarang. Perhatikan gambar berikut :
4. Silahkan anda atur jumlah/ukuran hard disk anda. Dilanjutkan dengan memilih VDI sebagai jenis file hard disk anda. Lalu, anda pilih “dialokasikan secara dinamik” lalu klik buat. Perhatikan gambar berikut :
5. Ketika telah selesai membuat mesin virtual, langkah selanjutnya ada memasukkan file ISO windows 7 anda. Klik “pengaturan”.
6. Silahkan anda pilih kolom “penyimpanan” lalu klik “kosong” dan masukkan file ISO dengan klik “icon disk/kaset” di ujung kanan. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda lihat gambar berikut :
7. Masukkan file ISO windows 7 anda di direktori penyimpanan file tersebut.
8. Setelah dimasukkan, silahkan anda klik “mulai” untuk memulai tahap instalasi.
9. Ketika mesin virtual telah mulai, maka tampilan detskop anda akan seperti ini. Silahkan anda isi sesuai dengan gambar. Kemudian sobat klik “install now”.
10. Silahkan anda centang kolom “I accept” dan pilih “costum (advanced)” untuk menginstal.
 
11. Tahap selanjutnya adalah tahap pembagian partisi. Katanya, tahap ini adalah tahap tersulit, tetapi menurut saya, sangatlah mudah. Silahkan anda klik “drive options (advanced)”
12. Silahkan anda pilih “new”, lalu jumlah partisi yang anda tentukan dibagi 2. Contoh pada partisi hard disk saya berjumlah 25 GB. Saya akan membagi 2 maka menjadi 15 GB dan 10 GB. Perhatikan gambar berikut : Untuk disk partition 3, silahkan klik terlebih dahulu, lalu kliknew agar dapat digunakan sebagai hard disk. Untuk lanjut, diwajibkan memilih disk 0 partition 2 sebagai partisi penyimpanan file windows.
13. Tahap berikutnya adalah tahap instalasi. Silahkan anda tunggu hingga selesai.
14. Ketika telah selesai, silahkan anda isi identitas PC anda.
15. Langkah selanjutnya adalah mengisi password. Jika tidak dibutuhkan silahkan “next” saja.
16. Kemudian, ketika tab serial number muncul, silahkan anda next saja.

17. Pada bagian ini, silahkan anda pilih opsi “ask me leter”.
18. Silahkan anda atur “waktu dan tanggal” anda, lalu pilih jenis jaringan anda.
19. Setelah itu windows akan melakukan boot otomatis sebagai finalizing atau penyelesaian silahkan ditunggu.
20. Setelah tahap finalizing selesai, maka windows 7 anda telah berhasil ter-instal secara sempurna.
Demikianlah, Tutorial yang dapat mimin berikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Apabila masih ada hal yang belum anda pahami, Gunakan Form Komentar untuk bertanya. Terima kasih telah berkunjung di Darfaz.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here