SSHD vs HDD, Bagusan Mana?

0

Darfaz.com – Buat kalian akan / ada rencana untuk merakit sebuah PC ataupun membeli Laptop, ada beberapa komponen penting yang harus kalian perhatikan. Salah-satunya adalah media penyimpanan. Pasalnya, komponen ini menjadi bagian cukup penting terhadap akses file di Hardware kamu nantinya.

Mendengar soal perangkat penyimpanan pada sebuah PC, kamu pasti akan mengenal beberapa tipe seperti Hard Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD), dan juga Solid State Hybrid Drive (SSHD).  Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas megenai kelebihan SSHD daripada HDD.

4 Kelebihan SSHD dari HDD

SSHD merupakan hasil penggabungan antara SSD dan HDD. SSHD menawarkan harga yang lebih murah daripada SSD, media penyimpanan SSHD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD. Berikut kelebihannya.

1. Lebih Cepat Dibandingkan Dengan HDD

Dibandingkan dengan HDD, komputer yang menggunakan sebuah SSHD akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan komputer yang menggunakan HDD. Pasalnya SSHD dibekali dengan sebuah SSD yang mampu membaca data dengan cepat, serta didukung dengan memory manager yang dapat memisahkan jenis data mana yang akan kalian simpan entah itu pada SSD ataupun pada HDD.

Dengan adanya sebuah memory manager pada SSHD, maka data yang sering kalian gunakan akan tersimpan pada bagian flash memory SSD. Sementara data yang jarang kalian gunakan akan tersimpan pada bagian HDD. Maka dari itu, pembacaan data pun akan jadi lebih cepat. Dari hasil pengujian menggunakan SSHD, rata-rata proses copy datanya bisa sampai 90-100 MegaByte/Second.

2. Besar Penyimpanan SSHD Persis Dengan Besar Penyimpanan HDD

Tidak hanya memberikan kecepatan membaca data yang lebih cepat dari HDD, SSHD juga memberikan keleluasaan pada usernya untuk menyimpan data sama seperti HDD. Jadi dengan menyimpan data seperti HDD serta dapat membaca data seperti SSD, sudah jelas SSHD merupakan pilihan yang paling MANTAP!

3. Ketahanan SSHD Lebih Lama Dibandingkan HDD

Apakah kalian pernah mendengar masalah pada HDD yang mengalami bad sector? Masalah seperti ini terjadi karena keberadaan plate pada HDD yang dipaksa untuk bergerak oleh magnet yang berada didalamnya saat menulis dan membaca data. Oleh karena itu masalah bad sector sering terjadi karena gagalnya pembacaan dan penulisan data pada HDD tersebut.

Tapi hal tersebut jarang terjadi pada sebuah SSHD, dikarenakan SSHD memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak dibandingkan dengan sebuah HDD. Jadi, selama kalian menggunakan SSHD pada PC milik kalian, maka masalah tersebut akan bisa teratasi.

4. SSHD Lebih Powerfull Untuk Gaming!

Khusus untuk kalian yang ingin merakit PC denga tujuan bermain game dengan kualitas tinggi dan game play yang memukau di PC, maka SSHD akan bekerja lebih baik daripada HDD. Pasalnya HDD mampu memberikan kecepatan loading atau membuka game apapun dalam hitungan detik, WOW!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here