Jaringan 5G Kini Sudah Dalam Tahap Uji Coba, Speednya Gila!!

7
Darfaz.com, Kesempatan ini admin ingin memberikan kabar gembira untuk kita semua, dimana perusahaan besar digital yaitu Huawei kini tengah memproyeksikan jaringan 5G yang saat ini sudah dalam tahap ujicoba.
Setelah sebelumnya perusahaan tersebut sukses merealisasikan jaringan 3G dan 4G. Kini  Huawei kembali tengah sibuk mengembangkan teknologi 5G, yang menjadi hal strategis prioritas dan diinvestasikan secara penuh oleh Huawei sejak awal hingga proses pengembangannya pada tahun 2009.
Huwaei sendiri telah menargetkan proyeksi ini dapat terselesaikan di tahun 2018 mendatang, dan pada tahun tersebut juga diharapkan seluruh masyarakat luas sudah dapat menikmati jaringan digital yang atraktif dan juga berkualitas.
Pada pelaksanannya, Huawei berkolaborasi dengan organisasi global terkemuka di ekosistem 5G ini. Mulai dari Metis dan 5GPP di Eropa, IMT-2020 di Tiongkok, 5 GMF di Jepang, dan 5G Forum di Korea Selatan. Huawei kini mendirikan laboratorium di Munich, Jerman. Di sana mereka  bekerja sama dengan manuafaktur mobil Jerman dalam mengadopsi 5G sebagai enabler di sekitar mobil tanpa kemudi.
Dengan hadirnya teknologi 5G ini diyakini dapat mempercepat kehidupan digital di masa depan dengan memugkinkan semua hal dapat dioperasikan melalui perangkat mobile serta akses jaringan mobile juga dapat mengubah industri telekomunikasi lebih berkualis lagi.
Di Indonesia sendiri, perkembangan jaringan digital kini kian membaik. Setelah sebelumnya terealisasinya jaringan 2G, 3G dan 4G, kini Indonesia sudah dapat mengadopsi teknologi 5G pada beberapa komponen teknologi LTE yang tersedia. Hal ini dapat membuat jaringan lebih siap satu langkah untuk mengadopsi evolusi 5G selanjutnya di masa depan.
Perusahaan telekomunikasi Indonesia pun kini tengah bersiap-siap untuk dapat segera merealisasikan jaringan 5G tersebut, salah satunya yaitu Telkomsel. Dimana pada bulan Mei kemaren Huawei dan Telkomsel melakukan ujicoba kolaboratif langsung (live demo), dengan implementasi Massive MIMO yang merupakan salah satu teknologi utama 5G tersebut. Dan pada uji coba tersebut jaringan 5G berhasil mencapai kecepatan hingga 70 Gbps.
Woww luar biasa!!
Namun masih ada hal yang menjadi masalah dalam perealisasian jaringan di Indonesia, yaitu pembagian jaringan di Indonesia yang masih belum merata. Dimana seolah jaringan berkualtas haya dimiliki perkotaan semata, sedangkan daerah perkampungan atau daerah – daerah terpencil masih menggigit jari dan terus berharap untuk dapat menikmati jaringan yang berkualitas tersebut.
Semoga saja di masa yang akan pemerintah lebih adil lagi dalam upaya menciptakan negara yang maju, khususnya dibidang digital Indonesia.
Sekian semoga bermanfaat
Referensi : Pikiran-Rakyat

7 KOMENTAR

  1. iya bener banget, permasalahannya jaringan di Indonesia ga rata, di kampung ane jarang-ajarang dapet 4G, apalagi nanti kalo nanti udah ada 5G. Lagian harga kuota juga mahal juga jadi permasalahan menurut ane

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here