7 Teknologi Canggih Pada Piala Dunia 2018 di Rusia

0

7 Teknologi Canggih Pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Semakin majunya era digital tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini seluruh aktivitas kehidupan manusia tidak bisa lagi lepas dari keterikatanya pada teknologi.

Salah satu penerapan yaitu pada ajang Piala Dunia 2018 Rusia. FIFA sebagai Induk persepakbolaan dunia, mereka menghadirkan teknologi canggih untuk menunjang dan membantu para pemain dan pelatih sehingga terciptalah mutu dan kualitas dalam seluruh pertandingan.

Selain itu juga, kehadiran teknologi ini diharapkan dapat membantu wasit untuk mencegah dan meminimalisir kesalahan dari keputusan mereka yang ambil sehingga tidak terjadi kontroversi dan memberikan kenyamanan bagi para penontonnya sendiri.

Baca Juga : 4 Smartphone Canggih Dengan Camera Terbaik!

Lantas apa saja teknologi yang dihadirkan pada piala dunia Rusia ini?

Berikut 5 Teknologi Piala Dunia 2018

1. Video Assistant Referee

VAR

 

Piala Dunia 2018 menjadi sejarah awal dimana dihadirkannya teknologi Video Assistant Referee atau yang disingkat VAR. Dimana VAR ini diajalankan oleh sejumlah orang pada suatu ruangan operasi vdeo di Moskow atau yang dinamakan Video Operational Room (VOR).

Dimana Tim VAR ini mengamati jalannya pertandingan berlangsung dari berbagai sudut stadion dengan bantuan 33 kamera yang telah ditempatkan. Bila ada keputusan wasit yang keliru, maka tim VAR atau wasit VAR ini bakal memberikan pemberitahuan kepada wasit utama melalui ear phone.

Wasit VAR dapat membatalkan keputusan wasit bila terdapat kekeliruan. Meski begitu, VAR hanyalah berperan sebagai pemberitahu kejadian sebenarnya. Namun semua keputusan dilapangan sepenuhnya diambil oleh wasit utama.

2. Chip NFC (Near Field Communication)

Chip NFC

Dari tahun 1970 hingga sekarang, FIFA selalu bekerja sama dengan Adidas dalam urusan memproduksi bola Piala Dunia. Dan pada gelaran Piala Dunia 2018 kali ini merupakan kali pertama Adidas mengciptakan bola canggih yang bernama Telstar 18.

Dalam bola tersebut diselipkan teknologi  yang bernama chip NFC . Sehingga, pemirsa dapat berinteraksi langsung dengan bola melalui smartphone maupun ke EPTS. Dimana dari Chip tersebut memberikan sinyal, melalui transmisi radio jarak pendek dan menconnectan langsung pada Smartphone.

3. 4K UHD Video dan VR

4K HD

Untuk pertama kalinya pada Paiala Dunia 2018 ini teknologi kamera 4K  digunakan dalam siaran Paiala Dunia. Dimana Kamera ini mampu merekam siara video dengan resolusi sangat tinggi, bila dengan hitungan pixel, Kamera 4K ini memiliki resolusi 3840×2160 atau setara dengan 8 MP.

Sebenarnya Kamera 4K sudah diperkenalkan pada piala dunia 2014 Brazil, namun baru sebatas tahap uji coba. Namun pada Piala Dunia 2018 ini menjadi awal kamera ini digunakan. Sebanyak 21 unit Kamera 4K ini digunakan dari 33 kamera yang terpasang didalam setiap Stadion.

4. TV Hisense

TV Hisense

Pada Piala Dunia 2018 ini FIFA menghadirkan Hisense’s new World Cup Special AI (artificially intelligent) TV. TV AI yang diciptakan perusahaan Hisense yang juga merupakan sponsor utama Piala Dunia 2018 in. TV didukung dengan teknologi pengenalan seperti para pemain, performa dan informasi lainnya seputar piala dunia 2018 hanya dalam satu klik.

5. Goal Line Technology

GLT

Mungkin kalian masih ingatkan dengan keputusan kontroversial di Piala Dunia 2010 saat tendangan Frank Lampard ke gawang Jerman tidak disahkan oleh wasit menjadi gol, padahal terlihat jelas dalam rekaman bola tersebut sudah sudah melewati garis gawang.

Namun pada Piala Dunia Rusia kali ini, hal tersebut tidak akan terulang kembali. Pasalnya, FIFA sudah meluncurkan teknologi garis gawang atau Goal Line Technology dan bakal dipakai pada piala dunia tahun 2018 ini.

Dimana teknologi tersebut dapat memberitahu  wasit secara langsung melalui jam tangan yang bernama Big Bang Referee yang dipakai wasit, dengan adanya teknologi ini dengan pasti menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

6. Jam tangan Big Bang Referee

BBR

Big Bang Referee merupakan jam tangan yang menjalankan OS Wear dari Google dan dilengkapi dengan bermacam-macam fitur keren yang bertemakan Piala Dunia. Jam tangan pintar ini diciptakan oleh perusahaan Hublot.

Jam tangan tersebut mampu menampilkan info skor real time, jumlah kartu, nama pencetak gol, pemain pengganti, waktu tersisa sebelum peluit akhir, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jam ini juga khusus dikenakan oleh wasit dalam pertandingan, dimana jam ini memiliki kemampuan untuk mengirim sinyal dan berinteraksi dengan teknologi garis gawang (Goal Line Technology).

7. Jaringan 5G

5G

 

Meski baru tahap uji coba, namun teknologi jaringan 5G ini sudah diterapkan selama berlangsungnya Piala Dunia 2018.

Dengan penyiaran menggunakan kualitas UHD 4K jelas sangat dibutuhkan koneksi yang besar dan cepat untuk transfer data dan kebutuhan  streaming . Dengan jaringan 5G, diperkirakan jaringan mampu mentransfer data dengan kecepatan 10 GB/ detik. Dan ada juga yang mengatakan speed 5G inin dapat mencapai 800 GB/ detik.

Nah itu dia 7 Teknologi Canggih yang digunakan pada piala dunia 2018 di Rusia ini. Bagaimana pendapatmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here