Terlindas Skutermatik ‘Bebek’ di Ambang Kepunahan

0
Pasar sepeda motor jenis skutermatik yang booming dalam beberapa thaun terakhir ini lambat laun menggerus pasar sepeda motor jenis bebek Cub). Kini kontribusi jenis bebek terhadap pasar nasional terus menurun seiring dengan minat konsumen yang juga terus merosot. Bahkan, posisinya terus ditempel ketat motor jenis sport yang belakangan ini terus mulai menampakkan kebangkitannya kembali.
Statusnya, jika jenis bebek kini dianggap bertahan, semata untuk melayani para penggemar fans fanatiknya yang cukup loyal. Merek-merek besar sepeda motor yang telah mapan di Indonesia sekelas Honda dan Yamaha juga menata kembali strategi penjualannya, acuannya tentu adalah minat pasar konsumen yang cenderung lebih condong ke jenis skutermatik dan motor jenis sport.
Berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), penjualan motor bebek Honda tahun 2016 sebanyak 401.601 unit. Bandingkan dengan total penjualan skutermatik Honda yang mencapai 3.661.284 unit.
Dari jumlah total bebek Honda yang terjual di tahun 2016, Honda Revo FI memiliki kontribusi sebesar dengan andil pasokan 159.465 unit,disusul Supra Series 184.302 unit (sudah termasuk Supra GTR sebanyak 32.820 unit).
Kemudian jenis Honda Blade 125 sebanyak 20.139 unit dan Honda Sonic 150 R sebanyak 37.695 unit. Lebih drastis lagi bebek pada merk Yamaha, sepanjang tahun 2016 data AISI mengindikasikan bahwa bebek berlogo garputala ini melempem. Bebek Yamaha yang pernah berjaya (Jupiter MX), tidak ada dalam daftar lima besar motor Yamaha terlaris episode Januari-Desember 2016.
Lima besar motor Yamaha terlaris Januari-Desember 2016 lagi-lagi didominasi oleh sepda motor jenis matik dan hanya diselingi oleh jenis sport (V-Ixion).
Namun sejatinya, pasar bebek belum benar-benar mati. Setidaknya kegiatan kompetisi atau balap motor tanah air masih mengakomodasi varian motor bebek untuk menjalankan roda kompetisi. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing tetap mempertahankan eksistensi motor bebek. Mereka punya kompetisi rutin Yamaha Cup Race yang menggunakan Jupiter Z1.
Secara umum, minat konsumen motor di Indonesia sepanjang tahun 2016 mencermin dari data AISI mengenai 10 produk terlaris 2016 yang hanya menempatkan Honda Revo dan Honda Supra Series di peringkat ke -6 dan ke-9.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here