Cara mudah Flashing semua jenis Smartphone dengan PC, 100% Sukses

10
Hai sobat gadget! Istilah flashing atau lebih tenarnya Flash ulang ataupun instal ulang mungkin sudah tidak aneh bagi kalangan yang senang mengoprek sistem Smartphone maupun PCnya. Yup, flashing merupakan cara untuk mengembalikan kinerja Smartphone seperti semula, akibat dari kerusakan sistem software smartphone atau biasa disebut dengan Firmware atau Rom. Sedangkan dalam komputer software tersebut lebih dikenal dengan istilah Windows atau Linux.
Ketika smartphone sobat mengalami bootloop, terinfeksi virus, atau masalah lainnya yang membahayakan, flashing merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan kinerja smartphone agar kembali normal yaitu dengan mengganti firmware yang rusak tersebut dengan firmware yang lebih fresh yang sesuai dengan smartphonenya masing-masing.
Pada dasarnya cara melakukan flashing Smartphone hampir semua sama, hanya berbeda pada Firmwarenya dan usb drivernya saja yang sesuai dengan merk Smartphone masing-masing.
Disini saya mencontohkan flashing pada tablet android saya yaitu LENOVO A 3000 H. Kebetulan beberapa hari sebelum menulis artikel ini tablet lenovo saya mengalami bootloop atau tidak dapat masuk ke menu hanya tertahan pada logo LENOVO ketika melakukan booting. Lalu saya lakukan flash ulang dan berhasil.
Nah bagi sobat yang mengalami masalah pada Smartphonenya dan hendak melakukan flashing, sebenarnya ada dua cara melakukan flashing ini yaitu menggunakan PC ataupun non PC. Tapi kali ini saya akan membagikan tutorialnya dengan bantuan PC. Silahkan sekalian dipraktekan dan disimak dengan teliliti yah agar tidak membuat bingung diri anda sendiri.

Tools Flash Smartphone:

  1. Kabel USB
  2. Sp Flash tools
  3. Usb Driver masing-masing Smartphone. Usb Driver Lenovo A 3000 H Download Disini
  4. Firmware atau Stock Rom masing-masing Smartphone. Download Firmware(ROM) Lenovo A 3000 H Disini

Usahakan seluruh sotwarenya gunakan versi yang terbaru agar tidak terjadi error!!

Cara Flash Smartphone:

1. Install terlebih dahulu USB Driver dan Sp Flash Toolsnya.
2. Lalu buka Sp Flash Toolsnya. Pastikan kolom “download agent” otomatis terisi.

3. Lalu klik “Scatter-Loading” dan cari file Scatter pada firmaware yang sudah sobat download tadi.

4. Lalu centang FAC dan double klik pada tulisan “FAC” nanti akan muncul pop up Window lalu pilih “fac.img”.

 

5. Selanjutnya klik “Download” dan jangan lupa untuk mencentang “DA DL All With Check Sum” lalu tunggu sesaat hingga proses persiapan download berhenti. (yang berwarna ungu)

 

 

6. Setelah proses tadi berhenti ditandai dengan munculnya tulisan Searching… Sekarang saatnya menghubungkan Smartphone ke PC dengan kabel USB.

7. Selanjutnya akan berjalan proses flashing dengan muncul loading yang berwarna kuning, silahkan tunggu! Bila sukses akan muncul pop up tulisan Download OK dengan lingkaran hijau. Jika belum sukses akan muncul kode error, silahkan sobat ulang lagi dari awal dengan teliti.
8. Terakhir, Bila berhasil lepaskan USB Smartphone lalu nyalakan, tunggu hingga proses booting selesai dan Smartphone kembali seperti normal.
Demikian tutorial cara flashing Smartphone kali ini, Bila sobat masih mengalami kendala jangan malu untuk bertanya di kolom komentar. Terimakasih…

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here